Jumat, 17 Desember 2021

KESAN DAN PESAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

                 السلام عليکم ور حم الله وبر کاته

Pertama Tama dan paling utama saya panjatkan puja dan syukur saya atas kehadirat Allah Subhanahu wa ta'ala, karena dengan segala nikmatnya lah sehingga saya bisa mengerjakan tugas ini.

Ya, sebelum saya memberikan pandangan saya tentang Proses pembelajaran matematika yg diberikan oleh pak Guru (Muliadi) saya akan memberikan pandangan saya terlebih dahulu tentang pelajaran MATEMATIKA.

Ya, menurut saya pelajaran Matematika itu;

1. Matematika sebagai struktur yang terorganisir.

Agak berbeda dengan ilmu dan pengetahuan yang lain, matematika merupakan suatu bangunan struktur yang terorganisir.

2. Matematika sebagai alat (tool)

Matematika juga sering dilihat sebagai alat dalam mencari solusi berbagai masalah kehidupan sehari-hari.

3. matematika merupakan pengetahuan yang berpola pikir deduktif, artinya suatu teori atau pernyataan dalam matematika yang diterima kebenarannya telah dibuktikan secara deduktif (umum).

4. Matematika dapat dilihat pula sebagai cara bernalar, paling tidak beberapa hal, seperti matematika yang berulang karena pembuktian yang sahih (valid), rumus-rumus atau aturan yang umum, atau sifat matematika yang sistematis.

5. Matematika sebagai seni yang kreatif. 

Namun kebanyakan dari kami (SISWA-SISWI) Termasuk saya kurang meminati pelajaran Matematika, padahal pelajaran MATEMATIKA itu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Contohnya saja dalam transaksi jual-beli. Apalagi saya ada di jurusan TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN harus giat belajar Matematika. Banyak dari kami sebagai siswa memandang pelajaran Matematika itu sulit karena berhubungan dengan rumus rumus untuk mendapatkan hasil nya. Padahal kita tidak menyadari bahwa kita akan berpikir lebih kritis dengan semua itu.

Ya dalam proses pembelajaran matematika yang diberikan oleh pak guru (Muliadi) ada beberapa poin yang menurut saya perlu saya tuliskan/sampaikan

Pertama, dalam hal kedisplinan jam masuk mengajar, Menurut saya pak Muliadi cukup di siplin dalam hal jam masuk mengajar, selalu tepat waktu

Kedua, dalam memberikan materi, menurut saya pak Muliadi sangat baik dalam memberikan materi2nya, dari penjelasan, memberikan contoh2nya dan cara kerja dalam mengerjakan soal yang diberikan. Namun sebagian dari kami saja ada yang lamban dalam memahami materi yang diberikan. Ya mungkin karena faktor COVID19. selama ini paling berani sehingga kami perlu merefresh kembali materi2 yang pernah diberikan. Karena berbeda sekali proses pelajar selama dan berani, menurut saya, kami akan lebih paham jika dijelaskan secara langsung. Jadi saya mohon maaf pak kalo saya lamban dalam memahami materi2 yg bapak berikan.

Ketiga, dalam hal memberikan nilai, menurut saya pak Muliadi cukup baik sekali memberikan nilai walaupun masih banyak kekurangan dari saya. Ya mungkin hanya itu kesan saya dalam proses pembelajaran Matematika yg diberikan pak Muliadi.


Dan PESAN dari saya:

Khususnya untuk saya pribadi semoga saya bisa lebih giat lagi belajar matematika dan Untuk pak guru (Muliadi) semoga selalu menjadi guru yang baik, mengajar/membimbing kami lebih baik lagi, selalu mempertahankan/meningkatkan kedisplinannya, dan semoga selalu sabar dalam membimbing siswa siswi yg lamban dalam memahami materi yg bapak berikan.


Ya, mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan. Bila mana ada tutur kata yg kurang berkenan di hati bapak saya Mohon maaf yg sebesar-besarnya. 

Terima kasih

      سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar